PENGALAMAN BERORGANISASI



organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota. Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama
Nah adapun pengertian Palang Merah Remaja atau PMR ,PMR adalah suatu organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat ( sanggar, kelompok belajar, dll ) dan bertujuan memberitahukan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kegiatan kemanusiaan.
Untuk mendirikan atau menjadi anggota palang merah remaja disekolah, harus diadakan Pendidikan dan Pelatihan Diklat untuk lebih mengenal apa itu sebenarnya PMR dan sejarahnya mengapa sampai ada di Indonesia, dan pada diklat ini para peserta juga mendapatkan sertifikat dari PMI. Dan baru dianggap resmi menjadi anggota palang merah apabila sudah mengikuti seluruh kegiatan yang diadakan oleh palang merah remaja di sekolah.
Pada awalnya saya bergabung dengan organisasi PMR pengetahuan saya terhadap ilmu kesehatan masih belum begitu paham . organisasi pmr ini mengajarkan saya banyak hal pengetahuan tentang kesehatan dan tata cara bagaimana menjaga kesehatan untuk diri sendiri ataupun org lain. Diselang waktu pulang sekolah organisasi ini memiliki jadwal untuk berkumpul yaitu hari senin dan rabu disetiap minggunya ,disaat berkumpul inilah kami diajarkan semua yang berhubungan dengan Palang Merah Remaja dan berbagai macam pengalaman dengan semua anggota PMR lainnya. Saya bergabung di PMR ini sejak SMP hingga SMA .
Bukan hanya ilmu yang kita dapatkan ,dengan masuk di organisasi ini kita dapat berkumpul ,bersharing ,hingga menambah teman dalam jangka waktu yang cukup . Maka semua anggota diberikan pengarahan agar dapat menolong org dengan prinsip P3K yaitu arti dari pertolongan pertama pada kecelakaan ,yang seluruh anggotanya harus bisa mempelajari dengan baik dan benar ,agar bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan pertolongan. PMR ini memiliki tugas yang harus dilaksanakan oleh seluruh anggota organisasi yang disebut TRIBAKTI PMR ,yaitu meningkatkan keterampilan hidup untuk hidup sehat berkarya dan berbakti kepada masyarakat.

Dalam organisasi ini saya banyak belajar hal-hal bagaimana berbakti kepada anggota ,maupun masyarakat lain yang membutuhkan pertolongan. Bukan hanya ilmu yang saya terima ,namun saya diberi pengarahan sebagaimana cara bekerja sama yang baik dengan anggota agar mencapai tujuan yang baik.
dalam organisasi ini saya dipercayai untuk selalu mengikuti perlombaan tandu putri yang diadakan disetiap sekolah yang memang mengadakan lomba organisasi tersebut.
Demikian pengalaman yang saya dapatkan dalam berorganisasi ini ,banyak hal yang dialami dan  dipelajari yang dimulai dari pengetahuan menjadi lebih banyak ,menambah relasi, bekerja sama dengan baik serta bermanfaat untuk diri sendiri maupun org lain.
sertifikat 10 pengurus terbaik seangkatan

bagan pengurus organisasi
sertifikat dari PMI




http://handpage.blogspot.com/p/definisi-dan-pengertian-organisasi.html
http://www.pmi.kebumenkab.go.id/index.php/apa-itu-palang-merah-remaja-pmr/9-artikel

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Standar Etika Profesi Di Indonesia Dengan Luar Negeri

LOOKING FOR ALIBRANDI - MENCARI JATI DIRI