BAHASA INDONESIA 2



“ PROPOSAL USAHA KEBAB ARROYAN”







CAHYANING ARI RAMANDANI
11113833
3KA29


1.1  LATAR BELAKANG

Dunia usaha dan dunia industri saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Maraknya usaha kecil saat ini juga sangat menguntungkan bagi masyarakat, dengan demikian lapangan pekerjaan akan semakin meningkat. Belakangan ini banyak sekali bermunculan usaha-usaha baru, dengan beragam usaha mereka yang menarik, dan sudah pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan tersebut. Dapat dilihat dari usaha yang didirikan seperti  usaha makanan, minuman, laundry,  tempat nongkrong, dan lain-lain sebagainya.
Kebab Arroyan merupakan salah satu merek usaha dagang yang bergerak di bidang kuliner. Produk andalan yang diproduksi adalah kebab. Kebab itu sendiri merupakan kuliner yang pada awalnya berasal dari negara-negara timur tengah. Kebab merupakan perpaduan dari berbagai sayur dan daging kebab yang sangat khas serta siraman saus sambal dan mayonaise yang kemudian digulung dalam roti gandum yang disebut tortilla dan akhirnya digoreng dengan mentega untuk menghsilkan kebab yang berkualitas. Wirausaha yang bergerak dalam bisnis kebab mempunyai prospek yang sangat menjanjikan, karena kebab banyak diminati oleh masyarakat.

1.2    VISI USAHA

Bertujuan agar makanan kebab ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan dengan harga yang terjangkau dengan rasa yang enak.

1.3    MISI USAHA

o Memberikan cita rasa yang benar-benar berkualitas ,
o Memberikan harga yang terjangkau ,
o Menjaga kualitas rasa yang telah di standartkan ,
o Melakukan pengembangan usaha  .

1.4    ANALISA PELUANG USAHA

Seiring dengan perkembangan zaman, maka dunia usaha dan industri juga mengalami perkembangan yang semakin pesat, terbukti dengan banyaknya para pengusaha baik mikro maupun makro dengan beragam usaha dan pasti akan menghasilkan laba untuk meningkatkan taraf hidup para pengusaha dan karyawan di usaha tersebut.
Proposal Usaha Kebab Arroyan dengan berbagai indikator sebagi berikut :
·         Strength (Kekuatan) dengan indicator:
-  Harga yang terjangkau kecil Rp.8000 , besar Rp.10000,
-  Rasa yang berkualitas,
-  Kualitas terjamin.
·         Weakness (kelemahan) dengan indicator:
- Harga bahan baku yang tidak menentu.
·          Opportunity (Peluang) dengan indicator:
-  Minat masyarakat terhadap makanan relative tinggi,
·         Threat (Ancaman) dengan indicator:
-  Persaingan yang ketat,
-   Selera konsumen yang selalu berubah – ubah mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian produk.











1.5   PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL

Bahan baku yang dibutuhkan untuk menjual kebab sebagai berikut:
NO
JENIS
BANYAK
HARGA
JUMLAH
1
DAGING
4Kg
75.000/kg
300.000
2
TORTILA
10 Bungkus
30.000
30.000
3
LOTUS (sayuran)
5Kg
15.000/kg
75.000
4
SAUS SAMBAL
6Kg
79.000
79.000
5
SAUS TOMAT
6Kg
72.000
72.000
6
SAUS BBQ
6Kg
81.000
81.000
7
MAYONIES
3Kg
30.000/kg
90.000
8
BUNGKUS KEBAB
1000 lembar
100
100.000
9
TELOR
1Kg
23.000/kg
23.000
10
SOSIS
1pcs
5.000/pcs
5.000
11
KEJU
1pcs
14.000/pcs
14.000
12
AQUA
1dus
21.000/dus
21.000



Total
890.000
NO
JENIS
UKURAN
HARGA
JUMLAH
1
TEMPAT
3 m x 4m
2.000.000
2.000.000
2
GEROBAK
1buah
3.000.000
3.000.000
3
PEMANGGANG
1buah
2.700.000
2.700.000
4
TABUNG GAS
1buah
110.000
110.000
5
PISAU
1set
190.000
190.000
6
WAJAN
1set
210.000
210.000
7
KOMPOR
1buah
250.000
250.000
8
MEJA
3buah
150.000
450.000
9
KURSI
12buah
15.000
180.000
10
KULKAS
1buah
1.200.000
1.200.000
11
KIPAS
1buah
110.000
110.000



Total
7.970.000

Total Modal Usaha   :  8.860.000                
Keuntungan Usaha   :  1.300.000                

Keuangan Usaha :

NO
Uraian
Nominal




Bulan-1
Bulan-2
Bulan-3
1
Pendapatan Penjualan :
9.000.000
8.700.000
8.900.000






Total Pendapatan
9.000.000
8.700.000
8.900.000
2
Pengeluaran Usaha :




Harga Produksi
2.670.000
2.500.000
2.690.000

Sewa Kontrak
500.000
500.000
500.000


GAMBARAN PERHITUNGAN :
TOTAL MODAL USAHA  :           8.860.000
HARGA per satuan              :           10.000

BEP    = 886 porsi
Jadi untuk mencapai titik impas /BEP ,saya harus menjual sekitar 886 perporsi.


1.6  KESIMPULAN

Melihat prospek kedepan usaha kuliner Arroyan Kebab ini akan bisa terus berkembang, mengingat dengan masih jarangnya usaha sejenis ini di sekitar kawasan kuliner Buaran . Hal tersebut menjadikan usaha Kebab Arroyan akan mempunyai banyak konsumen, disamping rasanya yang bersaing ,harganyapun relative terjangkau.
















Referensi :
repository.usu.ac.id/bitstream/.../4/Chapter%20I.pdf


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Standar Etika Profesi Di Indonesia Dengan Luar Negeri

PENGALAMAN BERORGANISASI

LOOKING FOR ALIBRANDI - MENCARI JATI DIRI