TEKNOLOGI YANG TERKAIT ANTAR MUKA TELEMATIKA
TEKNOLOGI YANG TERKAIT ANTAR MUKA
TELEMATIKA
Pengertian
antar muka (interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi
sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka
(interface) adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan
pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface (CLI) dan
Graphical User Interface (GUI).
- Command Line Interface (CLI)
- Graphical User Interface (GUI)
Terdapat
6 macam fitur Teknologi yang terkait antar muka telematika.Fitur-fitur itu antara
lain:
1.
Head Up Display
2.
Tangible User Interface
3.
Computer Vision
4.
Browsing Audio Data
5.
Speech Recognation
6.
Speech Synthesis
Head Up Display
Head-up
display, atau disingkat HUD, adalah setiap tampilan yang transparan menyajikan
data tanpa memerlukan pengguna untuk melihat diri dari sudut pandang atau yang
biasa.
Sejarah Head Up Display
HUD
pertama kali diperkenalkan pada tahun 1950-an, dengan adanya teknologi
reflektif gunsight pada perang dunia ke dua. Saat itu, suatu tembakan
dihasilkan dari sumber listrik yang diproyeksikan ke sebuah kaca. Pemasangan
proyektor itu biasanya dilakukan pada bagian atas panel instrumen di tengah daerah
pandang pilot, antara kaca depan dan pilot sendiri.
Dengan
menggunakan reflektif gunshight pada pertempuran udara, pilot harus
“mengkalibrasi” pandangannya secara manual. Hal ini dilakukan dengan memasukkan
lebar sayap target pada sebuah penyetelan roda yang diikuti dengan penyesuaian
mata, sehingga target yang bergerak dapat disesuaikan dengan bingkai yang
diarahkan kepadanya. HUD terbagi menjadi 3 generasi yang mencerminkan teknologi
yang digunakan untuk menghasilkan gambar, yaitu:
1. Generasi
Pertama – Gunakan CRT untuk menghasilkan sebuah gambar pada layar fosfor,
memiliki kelemahan dari degradasi dari waktu ke waktu dari lapisan layar
fosfor. Mayoritas HUD beroperasi saat ini adalah dari jenis ini.
2. Generasi
Kedua – Gunakan sumber cahaya padat, misalnya LED, yang dimodulasi oleh sebuah
layar LCD untuk menampilkan gambar. Ini menghilangkan memudar dengan waktu dan
juga tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk sistem generasi pertama. Sistem ini
pada pesawat komersial.
3. Generasi
Ketiga – menggunakan waveguides optik untuk menghasilkan gambar secara langsung
dalam Combiner daripada menggunakan sistem proyeksi. Penggunaan HUD dapat
dibagi menjadi 2 jenis. Jenis pertama adalah HUD yang terikat pada badan
pesawat atau kendaraan chasis. Sistem penentuan gambar yang ingin disajikan
semata-mata tergantung pada orientasi kendaraan. Jenis yang kedua adalah HMD,
helm dipasang yang menampilkan HUD dimana elemen akan ditampilkan tergantung
pada orientasi dari kepala pengguna.
TANGIBLE USER INTERFACE (TUI)
Tangible
User Interface (TUI) adalah sebuah antarmuka pengguna di mana seseorang
berinteraksi dengan informasi digital melalui lingkungan fisik. Sebuah TUI
adalah salah satu teknologi dimana pengguna berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi obyek fisik terkait dan langsung mewakili kualitas sistem
tersebut. Ide dari TUI adalah untuk memiliki hubungan langsung antara sistem
dan cara mengontrol melalui manipulasi fisik dengan memiliki makna yang
mendasar atau hubungan langsung yang menghubungkan manipulasi fisik ke perilaku
yang mereka picu pada sistem.
Penerapan Tangible User Interface
1. Mouse
Salah satu penerapan TUI yang paling sederhana
adalah pada mouse. Menyeret mouse melalui permukaan datar dan gerakan pointer
pada layar yang sesuai merupakan cara berinteraksi dengan sistem digital
melalui manipulasi objek fisik.
2. Siftables
Merupakan
perangkat kecil dari proyek awal di MT Media Lab yang memiliki bentuk
menyerupai batu bata kecil yang mempunyai interface. Shiftable memiliki jumlah
lebih dari satu dan mampu berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lain
tergantung pada posisinya. Shiftable yang terpisah tahu kapan shiftable lain
berada di dekat mereka dan bereaksi sesuai dengan permainan user.
3. Reactable
Reactable adalah alat musik yang dirancang dengan
keadaan teknologi seni untuk memungkinkan musisi (dan lainnya) untuk
bereksperimen dengan suara dan menciptakan musik yang unik. Instrumen ini
didasarkan pada meja bundar tembus dan bercahaya di mana satu set pucks dapat
ditempatkan. Dengan menempatkan mereka di permukaan (atau membawa mereka
pergi), dengan memutar mereka dan menghubungkan mereka satu sama lain, pemain
dapat menggabungkan unsur-unsur yang berbeda seperti synthesizer, efek, loop
sampel atau elemen kontrol dalam rangka menciptakan komposisi yang unik dan
fleksibel.
Microsoft Surface
Merupakan
sebuah teknologi dengan layar multi sentuh yang memungkinkan pengguna untuk
berinteraksi dengan built in system pada waktu yang sama. Yang menjadi
perhatian adalah hal tersebut bereaksi tidak hanya ketika disentuh, tetapi
teknologi ini juga dapat mengenali objek yang ditempatkan diatasnya dan dapat
mengatur sendiri perilaku yang terkait dengan benda-benda serta bagaimana kita
dapat memanipulasinya.
COMPUTER VISION
Computer
Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana mesin mampu
mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas
tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di
balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar. Data gambar dapat
mengambil banyak bentuk,seperti urutan video, pandangan dari beberapa kamera,
atau data multi-dimensi dari scanner medis. Sedangkan sebagai disiplin
teknologi, computer vision berusaha untuk menerapkan teori dan model untuk
pembangunan sistem computer vision.
Computer
Vision didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang
mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali obyek yang diamati. Cabang ilmu
ini bersama Artificial Intelligence akan mampu menghasilkan Visual Intelligence
System. Perbedaannya adalah Computer Vision lebih mempelajari bagaimana
komputer dapat mengenali obyek yang diamati. Namunkomputer grafik lebih ke arah
pemanipulasian gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafik
komputer adalah grafik komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafik
komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola. Grafik komputer sering
dikenal dengan istilah visualisasi data.
BROWSING AUDIO DATA
Sebuah
metode browsing jaringan disediakan untuk browsing video / audio data yang
ditembak oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio metode browsing sesuai
mencakup langkah-langkah dari:
1. Menjalankan
sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang
disimpan dalam kamera IP,
2. Transmisi
untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh
program aplikasi,
3. Mendapatkan
kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera
dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server
pribadi dan,
4. Kopel
ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan
video / audio data yang ditembak oleh kamera IP, di mana server layanan
menangkap video / audio data yang ditembak oleh kamera IP melalui Internet.
Pada
perkembangan sejarahnya Audio mengalami 4 fase, yaitu :
1. Fase
pertama, dikenal juga dengan Tehnik Audio – Mono ini umumnya dikenal sekitar
periode tahun 20’an hingga sekitar akhir tahun 50’an dengan diketemukannya Alat
Gramaphone oleh Thomas Alfa Edison dengan metode Plat Baja.
2. Fase
kedua, sekitar awal tahun 50’an dengan diketemukan Perekaman Analog dengan
piringan plat hitam maka orang mulai mengenal perekaman Mono stereo dengan
metode pemisahan suara ( Vokal dan Alat Musik ) menjadi L / R ( Music ;Left –
output, Voice ; Right – output )
3. Fase
ketiga, ditemukan tehnik Mixing Stereo menjadi L /R , ini populer sekali dan
dikembangkan terus hingga sekitar tahun 60’an akhir – awal 70’an
4. Fase
keempat, Proses perekaman Umumnya saat ini didalam produksi audio umumnya
dilakukan dari Analog Ke Digital begitupun sebaliknya . Data Analog mempunyai
pengertian adalah data sinyal gelombang suara yang dikeluarkan dari Sumber Aslinya
hasil perekaman, misal : Perekaman Vokal ke komputer. Data Analog sendiri
mempunyai pengertian adalah Informasi gelombang suara yang terus menerus
berubah tidak beraturan secara Alami, Data Analog mengalami perubahan keras
(Amplitudo) dan tinggi rendah suara yang berfluktuasi, namun belum mempunyai
Skala & satuan yang pasti, sedangkan Data Digital adalah hasil manipulasi
Informasi gelombang suara secara terus menerus berubah tidak beraturan secara
alami menjadi satuan skala yang pasti.
SPEECH RECOGNITION
Speech
recognation (ASR) adalah suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan
komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan. Teknologi ini
memungkinkan suatu perangkat untuk mengenali dan memahami kata-kata yang
diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut
dengan suatu pola tertentu yang tersimpan dalam suatu perangkat. Pengenalan
ucapan (speech recognation) dalam perkembangan teknologinya merupakan bagian
dari pengenalan suara (proses identifikasi seseorang berdasarkan suaranya).
Pengenalan
suara sendiri terbagi menjadi dua kategori, yaitu:
1. Piranti
pengenalan kata (word recognation) yang mampu merespon ucapan-ucapan secara
indovidu atau perintah-perintah yang menggunakan teknik yang dikenal sebagai
speaker verification. Pertama kali sistem akan membangkitkan suatu template
untuk mengenali suara user.
2. Piranti
pengenalan kalimat (speech recognation) yang mampu mengenali hubungan antar
kata terucap di dalam kalimat atau frase. Teknik – teknik statistik dipakai
dalam hal pola perekaman suara yang akan dicocokkan dengan kata-kata terucap.
Prinsip
Dasar Speech Recognation
Semua
metode dasar proses pengenalan suara terdiri dari dua fase operasi, yaitu:
1. Proses
training. Pada proses ini sistem belajar dari referensi pola yang berupa
perbedaan pola sinyal suara misal frase, kata, fonem yang akan mengisi
vocabulari dari sistem. Setiap referensi di pelajari dari kata yang dikatakan
yang kemudian disimpan dalam template dan telah mengalami metode untuk
meratarata dan karakteristik statistik dan parameter statistik.
2. Proses
recognation. Pada proses ini sistem akan diberikan inputan yang belum diketahui
dan akan di identifikasi berdasarkan pola template yang telah didapatkan pada
proses training. Pada umumnya, suatu sistem pengenalan suara terdiri dari
beberapa modul utama, yaitu:
-
Signal processign frontend digunakan
untuk mengkonversi sinyal suara kedalam bentuk sequence feature vector yang
akan digunakan pada saat klasifikasi.
-
Accoustic modelling digunakan untuk
memodelkan secara statistik hasil training yang telah dilakukan kedalam sebuah
template.
-
Language modelling digunakan untuk
memodelkan bentuk kata baik berupa kata, fonem, ataupun kalimat.
SPEECH SYNTHESIS
Speech
synthesis adalah transformasi dari teks ke arah suara (speech). Transformasi
ini mengkonversi teks ke pemadu suara (speech synthesis) yang sebisa mungkin
dibuat menyerupai suara nyata, disesuaikan dengan aturan – aturan pengucapan
bahasa.TTS (text to speech) dimaksudkan untuk membaca teks elektronik dalam
bentuk buku, dan juga untuk menyuarakan teks dengan menggunakan pemaduan suara.
Sistem ini dapat digunakan sebagai sistem komunikasi, pada sistem informasi
referral, dapat diterapkan untuk membantu orangorang yang kehilangan kemampuan
melihat dan membaca. Ada beberapa masalah yang terdapat pada pemaduan suara,
yaitu :
1. User
sangat sensitif terhadap variasi dan informasi suara. Oleh sebab itu, mereka
tidak dapat memberikan toleransi atas ketidaksempurnaan pemadu suara.
2. Output dalam bentuk suara tidak dapat diulang
atau dicari dengan mudah.
3. Meningkatkan keberisikan pada lingkungan
kantor atau jika menggunakan handphone, maka akan meningkatkan biaya
pengeluaran.
Speech
Synthesis atau sintesis pidato adalah kemampuan sebuah komputer untuk
menghasilkan suara yang menyerupai suara manusia. Meskipun mereka tidak bisa
meniru spektrum penuh irama manusia dan intonasi. Sebuah sistem komputer yang
digunakan untuk tujuan ini disebut synthesizer pidato, dan dapat
diimplementasikan dalam perangkat lunak atau hardware. Speech Synthesis adalah
termasuk sebuah teks-to-speech (TTS), yaitu sistem mengkonversi teks ke dalam
pidato bahasa normal.
Speech
sintesis menjadi alat bantu teknologi vital dan penerapannya di daerah ini
sangat signifikan dan luas, sekarang umum digunakan oleh orang-orang dengan
disleksia dan kesulitan membaca lainnya maupun oleh anak-anak pra-melek.
Sementara itu, aplikasi sintesis pidato dan gadget pada bahasa alat belajar.
Teknik sintesis Pidato sekarang juga digunakan dalam produksi hiburan seperti
game, anime dan yang sejenis, dan banyak digunakan dalam produk telekomunikasi
juga.
DAFTAR PUSTAKA:
Komentar
Posting Komentar